Skripsi

Hubungan antara status gizi, asupan besi, dan asupan magnesium dengan gangguan tidur pada anak usia lima sampai tujuh tahun di posyandu kampung melayu, Jakarta Timur tahun 2012 = Nutritional status, iron intake, and magnesium intake relation with sleep disturbance in children age five to seven years, in posyandu kampung malayu, East Jakarta in 2012.

Tidur adalah hal yang penting bagi anak karena terjadi peningkatan aktivitas susunan saraf pusat tertentu untuk memberikan efek fisiologis bagi tubuh. Banyak faktor yang menyebabkan gangguan tidur, salah satu yang dapat dimodifikasi adalah faktor nutrisi. Aspek nutrisi yang diperkirakan berkaitan adalah status gizi, asupan besi, dan asupan magnesium. Status gizi merupakan parameter secara umum keseimbangan antara derajat kebutuhan fisik anak terhadap nutrien. Besi dan magnesium berhubungan karena mempengaruhi substansi yang berperan dalam pengaturan fisiologi tidur. Penelitian ini merupakan studi observasi- analitik untuk melihat hubungan antara status gizi, asupan besi, dan asupan magnesium dengan gangguan tidur pada anak usia 5-7 tahun dengan metode cross-sectional dari data sekunder pada anak-anak di Posyandu Kampung Melayu, berupa status antopometri, asupan besi, asupan magnesium, dan skor gangguan tidur dengan kuesioner Sleep Disturbance Scale for Children (SDSC). Gangguan tidur dinyatakan bila skor SDSC melewati angka 39. Prevalensi anak yang mengalami gangguan tidur pada penelitian ini adalah 23,1 %. Pada uji chi- square untuk hubungan indeks Berat Badan/Umur dan Tinggi Badan/Umur dengan gangguan tidur didapatkan p>0,05 yang menyatakan bahwa tidak ada hubungan berbeda bermakna secara statistik. Pada uji chi-square untuk hubungan asupan besi dan magnesium dengan gangguan tidur, didapatkan p>0,05 yang menandakan tidak terdapat hubungan berbeda bermakna secara statistik.
Kata kunci : Anak usia lima sampai tujuh tahun, asupan besi, asupan magnesium, gangguan tidur , dan status gizi.


Judul Seri
-
Tahun Terbit
2013
Pengarang

William Cheng - Nama Orang
Rini Sekartini - Nama Orang

No. Panggil
S13154fk
Penerbit
Jakarta : .,
Deskripsi Fisik
xiv, 80 hal., lamp. 5
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S13154fkS13154fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan antara status gizi, asupan besi, dan asupan magnesium dengan gangguan tidur pada anak usia lima sampai tujuh tahun di posyandu kampung melayu, Jakarta Timur tahun 2012 = Nutritional status, iron intake, and magnesium intake relation with sleep disturbance in children age five to seven years, in posyandu kampung malayu, East Jakarta in 2012.

Related Collection